Ojol Tetap Diperbolehkan Angkut Penumpang Saat PSBB Total

JRG.or.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperbolehkan ojek online (ojol) beroperasi selama diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlaku lagi mulai Senin (14/9) besok. Ojol tetap diperbolehkan membawa penumpang maupun antar barang.

Penerapan PSBB pengetatan ini mengacu pada Pergub Nomor 88 tahun 2020 terkait perubahan Pergub Nomor 33 tahun 2020 tentang PSBB. Pergub Nomor 88 tahun 2020 itu diterbitkan pada Minggu, 13 September 2020.

“Motor berbasis aplikasi diperbolehkan untuk mengangkut barang dan penumpang, dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” kata Anies di Balai Kota, DKI Jakarta, Minggu (13/9).

Kendati diperbolehkan mengangkut penumpang, Anies mengimbau agar para mitra ojol tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sementara itu, kapasitas kendaraan umum masih tetap diberlakukan pembatasan sebanyak 50 persen.

“Ada pembatasan frekuensi layanan dan armada, lalu transportasi darat untuk penumpang diatur juga dengan pembatasan jumlah penumpang per kendaraannya,” ucap Anies.

Selain itu, kebijakan ganjil genap juga untuk sementara waktu akan ditiadakan selama PSBB. Dia memastikan, mobilitas penduduk dengan menggunakan transportasi umum akan benar-benar dikurangi dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19.

“Detailnya akan diatur surat Dinas Perhubungan,” pungkasnya.

About master